Rabu, 08 Mei 2013

Mendesain web/blog yang kreatif


kreativitas

Seperti yang kita tau dalam dunia web desain saat ini dan mungkin kedepannya pasti akan banyak bermunculan ide-ide baru, jadi kita jangan mau ketinggalan untuk mendesain web/blog kita dengan ide kreatif kita. aku tau ide itu susah tapi jangan pikirkan susahnya, pikirkan hasilnya. Nah pada kesempatan kali ini aku ingin berbagi tips mengenai cara mendesain sebuah website/blog dengan model/gaya yang kreatif.

1. Carilah inspirasi desain terbaru

Bagi anda yang sedang bingung mencari ide kreatif maka solusinya adalah mencari inspirasi desain. carilah inspirasi sebanyak mungkin kemudian kumpulkan dan lihat.

2. Berimajinasilah tentang bagaimana layout yang akan anda bangun/desain

Imajinasi sangat penting dalam mendesain karena dari situ kita bisa mendapat ide kreatif yang tak dimiliki orang lain, dalam mendesain sebuah web/blog juga seperti itu, anda bisa coba-coba mendesain struktur web/blog menggunakan Adobe Photoshop ataupun editor photo yang lain bisa juga menggambarnya dibuku gambar atau buku catatan.

3. Buatlah gambar struktur / layoutnya melalui Editor photo atau melalui buku

Seperti yang aku bilang sebelumnya gambarlah struktur dari web/blog yang akan anda buat. jangan lupa untuk melihat inspirasi desain untuk bisa menggabungkan desain yang akan anda buat nanti.

4. Berfikir kreatif

Jika anda sudah menggabungkan desain web yang satu dengan yang lain, maka tinggal berfikir kreatif kalau pengalamanku ya kalau lagi membuat desain struktur blog menggunakan Photoshop pasti lama kelamaan IDE diotak ini akan keluar, jadi dari situlah aku bisa berfikir kreatif, dan mendesain sendiri model blogku.

5. Bangun struktur yang telah anda buat

Setelah anda mendapatkan struktur desainnya sekarang giliran membangun desainnya, layaknya rumah yang harus dikonsep dulu desainnya lalu dibangun. jika membangun rumah bermodalkan semen, pasir, batu-bata dll. kalau dalam pembangunan web/blog anda harus bermodalkan pengetahuan HTML,CSS,Javascript Jika diblogger. Jika pada website lain seperti Wordpress,Drupal dll. mungkin anda harus bermodalkan pengetahuan lebih dari HTML,CSS,Javascript mungkin ada tambahan seperti PHP dll...